SIGI: Ulasan Buku Muqaddimah – Ibnu Khaldun

Jika ada satu buku yang dapat meramu teori-teori sosial humaniora dengan sedikit persinggungan atas ilmu kedokteran dan ekologi dalam satu paket, ialah buku Muqaddimah. Buku Muqaddimah yang terkenal karena memiliki ruang lingkup yang luas ini merupakan bagian prolegomena (pengantar) dari Kitab Al-‘Ibar, wa Diwan Al-Mubtada’ wa Al-Khabar, fi Ayyam Al-‘Arab wa Al-‘Ajam wa Al-Barbar, wa man Asharuhum min dzawi As-Sulthani Al-‘Akbar (Kitab Pelajaran dan Arsip Sejarah Zaman Permulaan dan Zaman Akhir yang Mencakup Peristiwa Politik tentang Orang-orang Arab, Non-Arab, dan Barbar, serta Raja-raja Besar yang Semasa dengan Mereka) yang ditulis oleh salah satu tokoh penting dalam peradaban Islam di abad ke-14, Ibnu Khaldun.

***

Siapakah Ibnu Khaldun?

Mengawali ulasan buku ini, Bapak Banu Muhammad mengatakan “untuk mengenal seseorang, kita perlu melihat kapankah dia hidup, pada zaman apa, dan dalam suasana seperti apa.” Ibnu Khaldun lahir di abad ke-8 hijriah dan 14 masehi. Beliau tinggal di Kairo, Afrika Utara yang secara relatif memiliki waktu tenang (bebas konflik) lebih banyak dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Afrika. Ibnu Khaldun hidup pada zaman dimana ia telah menyaksikan kesuksesan Rasulullah SAW, kesuksesan Khulafaur Rasyidin, kesuksesan Dinasti Umayyah, runtuhnya Dinasti Umayyah, naiknya Dinasti Abasiyyah, hingga runtuhnya Dinasti Abasiyyah.

Berikut merupakan pembagian hidup Ibnu Khaldun ke dalam beberapa fase:

  1. Fase bekerja dan mengajar, di usia 20-45 tahun. Selain itu, beliau juga bekerja di bidang administrasi, pemerintahan, mengurus politik di Tunisia dan Maroko, hingga menjadi utusan di Spanyol dan menetap di Granada selama satu tahun.
  2. Fase uzlah (menyepi) untuk menulis pada usia 45-53 tahun.
  3. Pada 24 tahun terakhir hidupnya, beliau menjadi guru dan diangkat menjadi hakim sebanyak 6 kali

Mengapa buku Muqaddimah menjadi buku yang paling dikenal (di antara tulisan beliau lainnya)?

 Buku ini paling banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa. Pada awalnya, buku ini sempat menjadi jadi rujukan dari Spanyol, kemudian masuk ke Prancis, hingga diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Bahkan, terdapat testimoni dari warga negara Inggris dan Prancis bahwasanya tidak mungkin seseorang dapat mendalami sosiologi atau pemikiran administrasi pemerintahan tanpa memelajari apa yang ditulis Ibnu Khaldun karena  beliau meletakkan banyak dasar dan menuliskannya dengan baik.

Apa yang membuat buku ini spesial dan menarik?

Pada zaman modern ini, Muqaddimah adalah buku pertama yang meramu teori-teori sosial humaniora dalam satu paket.  Buku ini menarik karena membahas bagaimana peradaban itu dibangun dan bagaimana peradaban bisa runtuh. Selain memahami sejarah dengan baik, sebagai orang yang memahami ilmu agama dengan relatif lengkap dari fundamental hingga turunannya, Ibnu Khaldun juga melakukan banyak perjalanan, sehingga ia sangat cakap dalam berkomunikasi dan mengerti peradaban manusia secara umum, bagaimana perbedaan antara peradaban maju dan primitif, konteks kepemimpinan, bagaimana pemerintah dibangun, masyarakat perjotaan dan pengaruhnya terhadap peradaban, bagaimana ilmu bisa diterapkan dalam kehidupan manusia dan memberikan kemanfaatan, serta hadirnya peradaban dan berbagai profesi agar orang-orang dapat menjalankan peran peradabannya dengan baik.

Mengapa buku ini penting?

Pertama, buku ini menunjukkan bagaimana pentingnya sejarah, yakni untuk mengambil hikmah kebijaksanaan dari memahami apa yang terjadi sebelum kita. Kedua, buku ini mengajari cara mengamati masyarakat dengan detil. Budaya, cara hidup, cara mencari nafkah, koneksi antar satu pihak dan pihak lainnya dalam sebuah kolaborasi yang bisa dipelajari, serta menetapkan tata kelola kehidupan yang sebaiknya diterapkan di masyarakat. Ketiga, buku ini melatarbelakangi semua ide-ide besar yang kemudian muncul secara pemikiran.

Siapa yang disarankan untuk membaca buku ini?

Pertama, bagi orang yang suka membaca dan menikmati pemikiran. Kedua, orang yang suka meneliti di masyarakat. Ketiga, para pemimpin agar dapat mempelajari bagaimana cara membangun peradaban dan terakhir, bagi businessman, buku ini juga dapat membantu untuk memahami masyarakat.

Buku Muqaddimah (Mukaddimah) didominasi oleh sejarah, peradaban, dan sosiologi yang terbilang enak untuk dibaca karena banyak membahas sejarah peradaban walupun di bagian tertentu sangat serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *