Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2021

[featured_image]
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 11
  • File Size 27.72 MB
  • File Count 1
  • Create Date Januari 16, 2021
  • Last Updated September 16, 2022

Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2021

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia saat ini mendominasi perannya sebagai konsumen dan pasar potensial dunia. Di lingkup internasional, Indonesia memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan dalam implementasi sektor ekonomi dan keuangan syariah. Hal ini terlihat dari meningkatnya posisi Indonesia dalam skor Global Islamic Economy Indicator (GIEI) dari peringkat ke-10 pada tahun 2018-2019 menjadi peringkat ke-4 pada 2020-2021.1 Kondisi ini memungkinkan Indonesia untuk mengoptimalkan potensinya sebagai produsen, eksportir produk dan jasa halal terbesar dunia. Untuk mendorong hal tersebut, perlu dukungan dari berbagai kebijakan dan instrumen yang tepat, di antaranya melalui masterplan arsitektur keuangan syariah, pengembangan infrastruktur ekonomi syariah, pengembangan keuangan syariah, hingga digitalisasi UMKM dan ZISWAF.

Di era teknologi digital saat ini, inovasi berperan penting untuk menciptakan teknologi yang mampu mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam negeri. Berbagai inovasi di antaranya dengan pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran ekonomi islam, mengembangkan jejaring penelitian dan pengembangan (R&D) dengan berbagai institusi keuangan dan ekonomi syariah, serta mengembangkan marketplace, fintech syariah serta media digital untuk pembayaran (payment system) dan layanan produk dan jasa lainnya, serta penyaluran pembiayaan syariah bagi UMKM.

Dengan hadirnya Buku “Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2021” ini,  berharap masyarakat dapat mengetahui lebih banyak informasi mengenai ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia serta dapat menjadi rekomendasi kebijakan bagi pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.