Guideline LKTI ISEO 2021 (Kategori 1 Mahasiswa D3/S1)

  • Version
  • Download 158
  • File Size 1.50 MB
  • File Count 1
  • Create Date Januari 26, 2021
  • Last Updated Januari 26, 2021

Guideline LKTI ISEO 2021 (Kategori 1 Mahasiswa D3/S1)

ISEO atau Indonesia Sharia Economic Outlook 2021 adalah sebuah rangkaian kegiatan yang terdiri dari penulisan buku, webinar, dan lomba-lomba yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh PEBS FEB UI sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tujuan penyelenggaraan ISEO ini adalah untuk memberikan gambaran kepada masyarakat terkait perkembangan terbaru di sektor-sektor ekonomi, bisnis, dan keuangan syariah. Pada tahun ini, ISEO mengangkat tema "Verily with hardhips comes ease: Invigorating the Adaptability and Innovation of the Islamic Economics, Business, and Finance during the Tough Time" yang secara umum membahas bagaimana posisi dab kondisi ekonomi syariah di tengah masa pandemi ini.

 

Tema Lomba Karya Tulis
“Akselerasi Pembayaran Digital Syariah sebagai Bentuk Inklusivitas Ekonomi dan Keuangan Syariah”

Pemilihan tema tersebut lahir dari bangkitnya teknologi finansial (TekFin) syariah yang menjadi sub-sektor baru dalam keuangan syariah yang menerapkan prinsip syariah dalam transaksi keuangan dengan menghindari elemen-elemen riba (interest-taking), gharar (spekulasi), dan kegiatan-kegiatan serta hal-hal yang dilarang secara syariah melalui pendekatan dan adopsi teknologi baru. Dalam operasional, kegiatan yang dilakukan perusahaan TekFin syariah tetap berpegang teguh kepada prinsip-prinsip syariah dimana kepentingan orang banyak berada diatas kepentingan personal, menolong pihak dalam kesulitan harus didahulukan di atas pemberian manfaat ke beberapa pihak, dan prinsip-prinsip cost-benefit bagi kepentingan orang banyak. Secara spesifik, TekFin syariah berbeda dengan institusi keuangan syariah tradisional dalam hal pendekatan yang lebih mengedepankan peningkatan customer experience melalui teknologi yang digunakan, baik dari hal proses bisnis, pengalaman yang dirasakan pengguna, maupun kenyamanan yang ditawarkan. Pendekatan unik dari TekFin Syariah ini berkembang menjadi lima sektor, yaitu crowdfunding, peer-to-peer lending, pembayaran digital, transfer uang, dan platform trading. Setali tiga uang, laporan Deloitte pada 2019 menggarisbawahi bahwa tujuan dari teknologi finansial Syariah adalah untuk menjembatani financing gap dalam komunitas Muslim. Sehingga, TekFin syariah memiliki potensi untuk dapat menjawab tantangan perubahan zaman dengan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

 

Topik karya tulis tidak terbatas hanya pada tema di atas. Peserta juga boleh mengirimkan karya tulis dengan batasan tema sebagai berikut:

  1. Teknologi finansial dengan cakupan pembahasan mengenai literasi, inklusi, inovasi, dan optimalisasi teknologi finansial di bidang ekonomi dan keuangan Syariah.
  2. Penggunaan teknologi digital di bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan Syariah.

Topik karya tulis dengan tema utama dan studi kasus Layanan Syariah LinkAja akan menjadi nilai tambah.

Link untuk mendownload Template LKTI ISEO 2021: https://pebs-febui.org/download/template-lkti-iseo/