Press Release ‘Sosialisasi Call for Proposals Indonesian Tobacco Control Research Network (ITCRN) 2020’

Pada hari Rabu, 13 Mei 2020, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai Call for Proposals Research Grant Indonesian Tobacco Control Research Network (ITCRN) 2020 yang merupakan kolaborasi antara PEBS FEB UI dengan John Hopkins School of Public Health. Sosialisasi ini disampaikan oleh Dr. Abdillah Ahsan yang merupakan Peneliti PEBS FEB UI dan Koordinator dari ITCRN 2020.

Dr. Abdillah menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya ITCRN adalah untuk menggelorakan penelitian di bawah tobacco control policy, yang nantinya diharapkan dapat mendorong perbaikan kebijakan pengendalian rokok di Indonesia. Program ini seyogyanya sudah dimulai sejak tahun ITCRN 2014 di ITCRN dan tepatnya dipegang di bawah Dr. Abdillah sejak tahun 2017 dan menghasilkan 26 riset. Dr. Abdillah menyampaikan bahwa salah satu penelitian paling sukses adalah penelitian tentang Pengaruh Terpaan Iklan Rokok di Media Online terhadap Sikap Merokok Remaja yang dilakukan oleh Tim London School Public Relations (LSPR), yang ditindaklanjuti dengan pelarangan iklan rokok di media online.

Call for Proposal Research Grant ITCRN 2020 dimaksudkan bagi para dosen/peneliti dengan pendidikan terakhir minimum S2 untuk bergabung dan mengirimkan proposal penelitian sehubungan dengan kebijakan pengendalian tembakau, seperti Kawasan Tanpa Rokok (KTR), pelarangan iklan, promosi, sponsor rokok (TAPS ban), ekonomi tembakau (cukai, pertanian), dan lain sebagainya.

Anda dapat rekaman lengkap Sosialisasi Research Grant ITCRN ini melalui Channel Youtube PEBS FEB UI.