Press Release Webinar IAEI: Women in Islamic Finance

Pada tanggal 30 April 2020, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) mengadakan webinar dengan tema ‘Peran Wanita dalam Ekonomi Syariah di Masa Pandemi’. Webinar ini menghadirkan Prof Euis Amalia (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof Dian Masyita (Universitas Padjadjaran), Dr Murniati Mukhlisin (Tazkia), dan Ibu Rahmatina Awaliah Kasri, PhD (Universitas Indonesia) sebagai pembicara, dan Ibu Tika Arundina, PhD (Universitas Indonesia) sebagai moderator.

Webinar ini dibuka dengan keynote speech dari Ketua Umum IAEI, Ibu Sri Mulyani Indrawati, yang menyampaikan mengenai krisis yang saat ini sedang terjadi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi krisis tersebut. Selain itu, Ibu Sri Mulyani juga menjelaskan mengenai dampak yang terjadi pada keuangan syariah dan bagaimana keuangan syariah dapat membantu mengatasi krisis yang sedang terjadi.

Selanjutnya masing-masing pembicara memaparkan presentasi, yang dimulai oleh Prof Euis Amalia. Prof Euis menjelaskan mengenai peran perempuan dalam perekonomiaan yang dijelaskan oleh Islam. Kemudian Prof Euis menjelaskan mengenai efek krisis terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta lembaga keuangan mikro syariah. Sektor ini terkena dampak yang cukup besar sehingga perlu adanya bantuan terkait permodalan dan juga regulasi dari pemerintah.

Materi selanjutnya dijelaskan oleh Prof Dian Masyita yang menjelaskan mengenai kompleksitas hubungan antara satu sektor dan sektor lainnya sehingga dapat menggambarkan bagaimana pandemi yang saat ini terjadi terhubung dengan berbagi sektor lainnya. Kemudian, Prof Dian memaparkan mengenai giving behaviour (terutama terkait) wakaf dalam masyarakat Indonesia.

Pemaparan dilanjutkan oleh Ibu Rahmatina Awaliah Kasri yang menjelaskan mengenai peran Zakat, Infak, Sadaqah, dan Wakaf (ZISWAF) dalam membantu mengatasi krisis di saat pandemi ini. Lebih spesifik adalah peran perempuan dalam mengoptimalkan pengumpulan dana Ziswaf dalam membantu mengatasi krisis.

Kemudian pemaparan terakhir dibawakan oleh Ibu Murniati Mukhlisin yang menjelaskan mengenai peran perempuan dalam Islam serta bagaimana perempuan dapat mengelola keuangan keluarga, terlebih di saat pandemi.

Webinar ini diikuti oleh hampir 300 peserta dan ditayangkan secara live di Channel Youtube IAEI TV. Untuk dapat mengetahui materi webinar dengan lengkap, maka dapat menyaksikan di channel tersebut.