Press Release Webinar ‘Napak Tilas dan Refleksi Studi Ekonomi Syariah di FEUI: Past, Present, and Future’

Pada hari Kamis, 21 Mei 2020, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI mengadakan webinar dengan judul ‘Napak Tilas dan Refleksi Studi Ekonomi Syariah di FEUI: Past, Present, and Future’. Terdapat lima pembicara, yaitu Bapak Adiwarman A Karim (Direktur Utama Karim Consulting Indonesia), Bapak Iggie Achsien (Tim Ahli Wakil Presiden RI), Bapak Hylmun Izhar (Senior Research Economist IRTI-IsDB), Ibu Tika Arundina (Kepala Prodi Ilmu Ekonomi Islam FEB UI), dan Ibu Sri Rahayu Hijrahhati (Kepala Prodi Bisnis Islam FEB UI).

Webinar ini dibuka oleh sambutan dari Ketua PEBS, Ibu Rahmatina Awaliah Kasri, kemudian dimoderatori oleh Bapak Ebi Junaedi. Webinar ini diadakan untuk melakukan napak tilas dan perjalanan pengembangan studi ekonomi syariah di FEUI. Penjelasan pertama mengenai program studi ekonomi Islam disampaikan oleh Bapak Adiwarman Karim, dilanjutkan dengan penyampaian harapan dari Pak Adiwarman untuk pengembangan prodi ke depannya.

Cerita mengenai napak tilas selanjutnya disampaikan oleh Bapak Iggie Achsien, yang menulis skripsi pertama mengenai keuangan syariah di FEUI. Beliau menceritakan tantangan dan peluang ketika mengerjakan skripsi tersebut. Cerita selanjutnya oleh Bapak Hylmun Izhar, yang saat ini bekerja sebagai Senior Research Economist di Islamic Research and Training Institute (IRTI) – Islamic Development Bank (IsDB). Beliau menceritakan bagaimana untuk mempertahankan idealisme untuk tetap menekuni bidang ekonomi syariah.

Penjelasan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Tika Arundina mengenai perkembangan dan arah prodi Ilmu Ekonomi Islam ke depannya. Penjelasan ini juga dilengkapi oleh Ibu Sri Rahayu Hijrahhati mengenai perkembangan dan arah prodi Bisnis Islam ke depannya. Keduanya menekankan pada Kerjasama akademik dan industri untuk kemajuan prodi, terlebih dengan format pembelajaran yang saat ini dapat dilakukan secara online.

Webinar ini ditutup dengan closing statement dari masing-masing pembicara agar semua pihak mengoptimalkan peran untuk mengembangkan prodi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam.

Diskusi lebih lengkap dapat disaksikan di Channel Youtube PEBS FEB UI.