Press Release Webinar Mudik dan Covid-19

Pada hari Jumat tanggal 8 Mei 2020, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI mengadakan webinar dengan judul ‘Mudik dan Covid-19’ yang disampaikan oleh Bapak Yusuf Wibisono.

Salah satu kegiatan tahunan yang sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia adalah Mudik dalam rangka Idul fitri agar dapat berkumpul dan bersilaturahim dengan keluarga. Kegiatan Mudik ini secara langsung dan tidak langsung mempunyai kontribusi yang besar bagi pergerakan roda ekonomi di sepanjang jalur Mudik hingga daerah yang menjadi tujuan Mudik. Dengan pandemi yang saat ini sedang terjadi, yang menimbulkan adanya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka kegiatan Mudik menjadi dirasa perlu untuk tidak dilakukan.

Pada webinar ini Bapak Yusuf Wibisono memaparkan beberapa data terkait potensi mudik 2020, potensi penyebaran wabah, pengaruhnya terhadap daerah, dan beberapa intervensi untuk mencegah penyebaran wabah.

Mudik ini dapat dibagi menjadi: mudik intra provinsi, mudah lintas provinsi, dan mudik metropolitan di Jawa dan luar Jawa. Dengan jutaan orang yang mempunyai potensi untuk Mudik, maka penyebaran wabah akan semakin luas dan meningkat. Penyebaran di daerah akan menimbulkan banyak dampak, salah satunya ketahanan pertanian di daerah. Oleh karena itu diperlukan intervensi agar penyebaran wabah ini tidak meluas dan menimbulkan banyak kerugian.

Untuk mengetahui lebih lengkap bahasan mengenai potensi mudik dan Covid-19 ini, Anda dapat menyaksikan di Channel Youtube PEBS FEB UI dan mengunduh materi di tautan https://pebs-febui.org/publikasi/materi/.