Kata Pengantar Direktur PEBS

Perkembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang terus meningkat selama tiga dekade terakhir mendorong kita semua untuk membangun sebuah lembaga kajian dan penelitian akademis yang bersifat dinamis untuk memaksimalkan manfaat yang besar dari perkembangan ekonomi syariah yang pesat ini. Untuk itu, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) lahir dengan membangun sebuah mimpi besar menjadi sebuah lembaga penelitian dan pelatihan terbaik di bidang ekonomi dan keuangan syariah sesuai kebutuhan dunia pendidikan, industri keuangan syariah dan masyarakat secara umum.
Di sisi lain, sebagai perancang berdirinya Program Studi S1 Reguler Ekonomi Islam dan Bisnis Islam (IEIBI) yang baru berdiri tahun 2013 , PEBS juga dituntut untuk terus mampu mendampingi berjalannya suasana dan iklim pembelajaran Ekonomi Islam dan Bisnis Islam yang mampu melahirkan generasi pembangun Ekonomi Islam di masa yang akan datang.
Untuk menjalankan misi besar tersebut, PEBS FEB UI memiliki tiga strategi utama yaitu pengembangan akademik untuk pendidikan tinggi formal, penelitian dasar dan terapan, serta pelatihan dan publikasi ilmiah.
Akhir kata, mewakili segenap bagian PEBS FEB UI saya selaku Ketua Umum PEBS FEB UI membuka peluang sebesar-besarnya bagi pihak-pihak yang ingin bekerjasama dengan PEBS FEB UI untuk mengembangkan Ilmu Ekonomi Islam dan bisnis Islam baik secara keilmuan maupun dalam tataran praktis.
Semoga Allah meridhoi niatan baik kita semua untuk membangun dunia pendidikan dan perekonomian Indonesia menjadi semakin besar.

 

Banu Muhammad H.

Direktur PEBS FEB UI