Kajian Strategi Pengembangan Dana Pensiun Syariah di Indonesia – Departemen IKNB Syariah OJK

Kegiatan penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu: (1) untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam mengembangkan dana pensiun syariah di Indonesia; (2) mengetahui potensi dana pensiun syariah di Indonesia; dan (3) mengetahui hambatan/kendala pengembangan dana pensiun syariah di Indonesia.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, kajian ini menggunakan metode bauran (mixed methods) yang menggabungkan metode penelitian kualitatif (dengan instrumen FGD) dan metode penelitian kuatitatif (dengan instrumen survey). Berdasarkan hasil FGD, prospek dana pensiun syariah di Indonesia dianggap sangat bagus, namun tingkat pengetahuan sebagian sebagian besar pengurus dana pensiun mengenai dana pensiun syariah masih terbilang rendah. Sedangkan survey persepsi masyarakat menunjukkan bahwa secara umum sebagian besar masyarakat belum mengetahui dan belum memiliki program pensiun, baik syariah maupun konvensional, terutama karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk mengikuti program pensiun tersebut. Dengan memperhatikan kondisi-kondisi tersebut, kajian ini merekomendasikan beberapa arah kebijakan dan strategi pengembangan dana pensiun syariah ke depannya.

Dalam jangka pendek, arah kebijakan dan strategi pengembangan yang bisa dilakukan terutama terkait dengan penguatan fungsi regulasi OJK, pengembangan kelembagaan dana pensiun syariah, peningkatan literasi dana pensiun syariah kepada kelompok prioritas, pengembangan kebijakan insentif langsung, dan pengembangan sinergi dengan regulator/institusi terkait lainnya. Dalam jangka menengah, kebijakan dapat diarahkan untuk menguatkan fungsi koordinasi dan sinergi OJK dengan regulator/institusi terkait, mengembangkan insentif perpajakan, pendalaman pasar modal, penguatan dukungan SDM dan infrastruktur dana pensiun syariah, serta peningkatan literasi dan preferensi dana pensiun syariah kepada kelompok prioritas. Sementara dalam jangka panjang, arah kebijakan strategis terkait erat dengan peningkatan literasi dan preferensi terhadap dana pensiun syariah secara nasional dan pengintegrasian program pensiun syariah dengan sistem jaminan pensiun nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.